CALL CENTER HAJI 500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal Kementerian Agama Kantor Kabupaten Lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur

Upacara HAB Kemenag Ke 72 di Kabupaten Lumajang Berlangsung Khidmat

pada hari WIB

Lumajang Jatim, Kantor Kementerian Agama Kab. Lumajang pada hari Selasa 03/1 2017   pukul 7.30 wib.  melaksanakan upacara bendera Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag yang ke 72 bertempat di Lapangan Suko Kab. Lumajang. tema HAB Kementerian Agama ke 72 adalah Tebarkan Kedamaian. Upacara diikuti oleh Para pejabat, pegawai dan guru di jajaran Kemenag Lumajang, penyuluh, IGRA, KKM, FKDT. Ikut hadir dalam acara tersebut  Pengurus persaudaraan pensiunan, pengurus FKUB, tokoh masyarakat, Organisasi keagamaan (NU dan Muhammadiyah).

Bertindak selaku inspektur upacara Kepala Kantor Kemenag Kab. Lumajang H. Muhammad,S.Sos.M.Pd,I. Sebagi Perwira Drs. M. Khoiri.M.Pd.I Kasi Pendma dan komandan upacara solehudin.S.Ag.MA PPI Kec. Jatiroto, petugas pembaca pembukaan UUD 1945 Edy Nanang  Sofyan,M.Pd guru MAN Lumajang, Pembaca panca prasetya  korpri Abu yazid S.Pd.I  guru MTsN Lumajang, Pembaca kode etik Abdillah S.Pd.guru MAN Lumajang Pengibar bendahara Paskibra MAN Lumajang, Dirigen dan Paduan suara juga dari MAN Lumajang, Pembaca doa H. syaicho.S.Ag.MA Kasi PHU . Peserta upacara mengenakan baju hitam putih dengan kopyah hitam bagi bapak-bapak dan  untuk peserta putri berjilbab putih.

Kepala Kantor Kemenag Lumajang H. Muhammad Dalam arahannya mengucapkan selamat kepada Kemenag  yang telah merayakan ulang tahun ke-72  Diharapkan Kemenag semakin maju,makin jaya dan mermartabat. Selanjunya Kepala Kemenag Lumajang membacakan sambutan tertulis Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Dalam sambutannya, menyebutkan, hari ini 3 Januari 2018 merupakan hari yang bersejarah bagi keluarga besar kementerian agama di Indonesia, dimana pada 3 Januari 1946 kementerian agama menjadi bagian dari perangkat bernegara dan pemerintahan, dan pada hari ini juga Indonesia mengukuhkan sebagai negara pertama yang memiliki Kementerian dibidang agama. Kementerian Agama hadir untuk memengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita. Kementerian agama bertugas sebagai pegawai dasarnegara yaitu pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jatidiri bangsa indonesia.

"Melihat pentingnya tugas Kementerian Agama maka setiap diri aparatur melekat beberapa misi yang saling terkait. mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama,"jelasnya.
               Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama tahun 2018 mengambil tema: "Tebarkan Kedamaian". Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian.Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. Dan, hanya dengan hati  yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang  Tuhan yang hakiki.
Untuk itu, menteri Agama mengajak seluruh ASN Kemenag dan semua komponen umat beragama di Tanah Air mari sama sama jadi Duta Penebar Kedamaian. "Mari buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menentramkan. Dalam damai dan tercipta negeri yang tentram dan sejahtera," ajaknya!

Akhirnya, Menteri Agama berpesan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama, marilah memaknai bekerja sebagai ibadah, bekerja melayani masyarakat adalah  sebuah kehormatan. Mari menjalankan pengabdian  dengan sikap amanah dan keikhlasan, dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan. Tegasnya!

Selanjutnya Kepala Kemenag Kab. Lumajang berharap kepada ASN Kemenag se Kab. Lumajang, dengan semangat HAB ke 72 ini  tingkatkan  kualitas kinerja dan prestasi serta memposisikan diri sebagai duta-duta kedamaian, karena kedamaian itu harapan setiap ummat , apapun agamanya.Ujarnya!

Sebelum upacara dibubarkan  dilaksanakan penyerahan tropi kepada pemenang lomba dalam dalam ragka HAB Kemag ke72 secara simbolis

Usai  Upacara peserta disilahkan menuju tenda  untuk mengikuti acara tasyukuran/ tumpengan   (ziza/humas)