CALL CENTER HAJI 500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal Kementerian Agama Kantor Kabupaten Lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur

PAI KEMENAG KAB. LUMAJANG LAKUKAN PENYULUHAN AGAMA ISLAM KEPADA MASYARAKAT DI KEC. PASRUJAMBE Dengan Tema” Penyuluh Merawat Umat, Seindah Kuntum Khairo Ummah”

pada hari WIB

Lumajang (humas), Sebagai garda terdepan Kemenag, Penyuluh Agama Islam (PAI) memiliki peran dan fungsi yang strategis. Apalagi sasaran dakwahnya adalah masyarakat yang heterogen (beraneka ragam) dengan permasalahannya yang kompleks. Maka mutlak diperlukan PAI yang piawai, multi talenta dan kreatif.

Untuk itu, pentingnya desain materi dakwah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan jamaah/madu. Kunjungan tokoh sangatlah diperlukan untuk mengetahui situasi dan kondisi masyarakat di sekitarnya. Tokoh agama ibarat ratu yang sabdanya dipanuti, ibarat nahkoda yang mengemudikan kepentingan masyarakat dan penentu kebijakan kearah mana penumpang hendak di bawa.

Penyuluh Agama Islam Kec. Pasrujambe yang dikoordinir oleh Budiono, S. Ag. (PAIF) dengan 8 anggotanya PAI Non PNS (Somad, A. Mashudi, M. Ali, Abdullah, Samsul Huda, Noer Khotib, Nuruddin, Hoswatun Fitriyah) melalui kegiatan Dakwah Bil-Lisan & Bil-Haal yang dikemas dengan nama SafWah (Safari Dakwah) di 2 dusun desa Pasrujambe dan desa Kertosari Kec. Pasrujambe yang dimulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB. Berusaha memberikan bimbingan dan penyuluhan agama Islam sesuai dengan identifikasi masalah yang dihadapi masyarakat. (Jumat, 23/2/2018)

Kegiatan pertama, diawali dengan pertemuan dengan tokoh Agama (Imamuddin & Bag. Kesra Desa) sebanyak 21 orang pukul 09.00 -11.00 di kediaman Ust. Abdullah, Dusun Dadapan dengan bahasan KUB & Keluarga sakinah. Kedua, Safari dakwah di Masjid al Muttaqin, dusun Pasrepan pukul 11.30  12.30 WIB. Jumlah jamaah 68 orang, dengan kegiatan; Dakwah melalui mimbar jumat, kultum bada jumat ttg produk halal, penyerahan bantuan wakaf al quran dan karpet, tanya jawab dg takmir dan jamaah. Ketiga, Terapi pengobatan (Bekam, Rendaman kaki, Pijat tradisional), Handicraft (merangkai hantaran lamaran & membuat kebus dari tali rafia), Taushiyah Agama Islam bagi jamaah pengajian Muslimat Al Ikhlas desa Kertosari pukul 13.00-15.30 dihadiri 56 orang.

Dalam Taushiyah Agama Islam, Budiono, S.Ag. selaku Koordinator PAI, memotivasi jamaah agar senantiasa menjaga keseimbangan 3 olah : olahraga, olah pikir dan olah rasa/jiwa dalam hidup ini.Masalahnya, ketimpangan dalam 3 hal ini akan mengganggu dalam aktivitas kerja dan ibadah. Tentunya, latihan/riyadhah yang teratur sangatlah dibutuhkan.

Apabila seorang muslim memiliki badan yang kuat, pikiran cerdas dan hati yang lembut/peduli. Niscaya akan menjadi umat seperti yang disebutkan QS. Ali Imran : 110  yakni "Seindah Kuntum Khairo Ummah". Ungkapnya! (AZZ)