CALL CENTER HAJI 500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal Kementerian Agama Kantor Kabupaten Lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur

SEKSI BIMAS ISLAM KANTOR KEMENAG LUMAJANG SELENGGARAKAN BIMBINGAN PERKAWINAN ANGKATAN VI DAN VII DI HOTEL LUMAJANG

pada hari WIB

Lumajang Jatim, Seksi Bimbingan Masyarakat  (Bimas ) Islam selenggrakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin,angkatan ke VI dan angkatan ke VII bertempat di aula  Hotel Lumajang. Masing masing angkatan di tempat ruang  yang berbeda, dan tiap angkatan  diikuti sejumlah 30 pasang calon pengantin  dari tiap tiap kecamatan se Kabupaten Lumajang.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kab. Lumajang Muhammad Mudhofar dalam acara pembukaan  menyampaikan bahwa Kegiatan Bimbingan Perkawinan ini merupakan program Kementerian Agama  mulai tahun 2017.Dasar Pelaksanaan Bimbingan perkawinan  ini berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 373/2017, tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan Bagi calon Pengantin., Kegiatan ini di selenggarakan selama dua hari, mulai hari Selasa 8/5 sampai  dengan hari Rabu 9/5 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman,  kepada para calon pengantin sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, mawadda, wa rahmah, Untuk itu bagi para peserta kegiatan ini agar diikut dengan sunguh sungguh supaya materi yang akan disampaikan oleh narasumber nanti bisa difahami

Sedangkan kepala kantor kementerian agama Kab. Lumajang H. Muhammad dalam membuka acara ini menyampaikan bahwa kegiaan ini sangat perlu sekali, sebagai upaya untuk memberikan bekal dan wawasan bagi para calon pengantin dalam memasuki pernikahan agar nantinya bisa mewujdkan keluarga sakinah mawadha warohma. Selanjutnya H.uhammad menegaskan bahwa ,Untuk membentuk keluarga yang sakinah harus diawali dengan perkawinan yang syah dan berlandasan ibadah. Selain itu diperlukan bekal yang cukup diantara bekal yang ditanamkan adalah nilai-nilai keagamaan dalam berumah tangga, kesiapan mental mengarungi hidup bersama pasangannya, menguasai pengetahuan tentang masalah hak-hak dan kewajiban sebagai suami atau sebagai isteri,  bagaimana cara mengatasi permasalahan yang terjadi di rumah tangga, dan kalau sudah mempnyai anak agar bisa mendidik anaknya menjadi anak yang sholeh, cerdas ( spiritual dan intelektual) dan berkualitas agar nantina bisa membanggakan kedua orang tuanya. Untuk itu diharapkan agar peserta bimbingan perkawinan ini  bisa memahami ilmu yang disampaikan oleh narasumber sebagai  bekal dalam kehidupan berumah tangga, untuk mewujudkan keluarga sakinah mawadda warohma.pungkasnya!

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari nara sumber, adapun sebagai nara sumber dalam kegiatan ini adaalah sbb : dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Timur H.Farmadi.S.Ag.M.HI menyampaikan materi tentang mempersiapkan perkawinan yang kokoh menuju keluarga sakinah, Kepala Kemenag Lumajang  H. Muhammad, S.Sos.M.Pd.I menyampaikan materi Mengelola konflik dan membangun ketahanan keluarga, Kasi Bimas islam Muhammad Mudhofar S. Ag.M.Si menyampaikan materi memenuhi kebutuhan keluarga, mengelola dinamika perkawinan dan keluarga, dari kantor kemenag Sriwanti,S.Ag dengan materi menyiapkan generasi berkualitas, dari tim fasilitator dinas kesehatan Kab. Lumajang Imam Safii S.Ag  menyampaikan materi tentang menjaga kesehatan reproduksi keluarga. Alhamdulillah acara kegiatan bimbingan perkawinan  ini berjalan dengan lancar dan sukses. (AZZ)