CALL CENTER HAJI 500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal Kementerian Agama Kantor Kabupaten Lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur

KASI PHU KANTOR KEMENAG LUMAJANG BERIKAN PENGARAHAN BAGI CJH CADANGAN UNTUK PERSIAPAN PELUNASAN BPIH REGULER TAHAP 2 TAHUN 1439H/2018M

pada hari WIB

Lumajang Jatim,  Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Lumajang H. Ach. Saiho.S.Ag.MA   memberikan pengarahan kepada calon jamaah haji (CJH) cadangan. Dalam mengawali sambutannya H. Ach. Saiho  menyebutkan bahwa jumlah kuota calon jamaah haji di Kabupaten Lumajang tahun 2018 sejumlah 1445 Orang, yang melunasi di tahap 1 sebanyak 1060 Orang. Selanjutnya H.Ach. Saiho menyampaikan bahwa Kegiatan ini dalam rangka persiapan pelunasan BPIH reguler tahap 2 tahun 1439H/2018. Menurutnya, CJH pada pelunasan tahap 2 tersebut dibuka untuk mengisi kekosongan kuota setelah pelunasan tahap I, Lebih lanjut Kasi PHU ini mengatakan, menurut perhitungan cadangan CJH di Kabupaten Lumajang berjumlah 53 orang yang merupakan asumsi 5% dari Kuota Provinsi yang dibagikan di Kab.Lumajang. Calon jemaah haji cadangan itu untuk menyiasati adanya jemaah yang batal berangkat untuk menunaikan ibadah haji, hal ini biasa diakibatkan meninggal dunia, sakit, hamil, atau sebab lain,"  imbuhnya!                                                               

Terkait dengan prosedur bagi cadangan CJH, H. Ach. Saiho  mengatakan, CJH harus menandatangani surat pernyataan bermaterai yang berisi kesiapan apabila sewaktu-waktu diberangkatkan atau tidak diberangkatkan hajinya. Adanya surat pernyataan tersebut, maka jamaah cadangan tidak bisa menuntut jika ternyata nomor porsinya tidak masuk dalam kuota keberangkatan tahun 2018. Mereka dipersiapkan untuk mengisi jika terdapat kuota kosong sesuai dengan kebutuhan kuota maksimal Provinsi Jawa timur ucapnya. Jadi yang menjadi cadangan harus siap jika diberangkatkan dan juga harus siap jika tidak berangkat tahun ini, imbuhnya!

Selain menandatangi surat pernyataan,  CJH yang masuk cadangan tahun ini juga harus melunasi Biaya Pemberangkatan Ibadah Haji (BPIH). Untuk BPIH pada tahap dua dibuka dari tanggal 16 sampai dengan 25 Mei 2018.dan bagi yang belum mempunyai Paspor segera mengurus Paspor serta periksa kesehatan di puskesmas, beliau  menambahkan, segi positif menjadi cadangan jika tidak berangkat tahun ini, tahun depan tidak perlu repot mengurus paspor dan pelunasan. CJH dari cadangan yang berangkat dipastikan sesuai dengan sisa kuota dan nomor urut porsi, yang sudah melunasi.Tegasnya! (AZZ)