CALL CENTER HAJI 500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal Kementerian Agama Kantor Kabupaten Lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur

PENGURUS DHARMA WANITA PERSATUAN DAN PENGURUS YAYASAN PERWANIDA KANTOR KEMENAG LUMAJANG SELENGGARAKAN SANTUNAN ANAK YATIM DALAM RANGKA 10 MUHARRAM 1440 H

pada hari WIB

Lumajang Jatim, Dalam rangka memperingati 10 Muharam 1440 H pengurus Dharma Wanita Persatuan dan pengurus yayasan Perwanida Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang menyelenggarakan acara santunan anak yatim, yang bertempat di aula kantor Kementerian Agama Kab. Lumajang, Kamis (20/9/2018). Kegiatan tersebut bertema Indahnya silaturrahmi, indahnya berbagi Anak yang di beri santunan sejumlah 25 anak dari  siswa siswi RA Perwanida dan siswa siswi MI dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang , masing masing anak menerima santunan berupa uang Rp. 200.000 dan bingkisan.

Menurut wakil ketua dharma wanita dan yayasan perwanida Kantor Kemenag Lumajang  Suhariyani Junaidi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemberian santunan ini dilaksanakan dalam rangka  memperingati 10 Muharam 1440 H, selain itu juga sebagai bentuk kepedulian terhadap ayam yatim. Kita ketahui bersama bahwa pada 10 Muharram terdapat peristiwa-peristiwa penting bagi umat muslim, dimana Allah SWT menjadikannya sejarah kebangkitan dan sebagai pelajaran bagi umat-umat yang datang kemudian.Pada tanggal 10 muharram tersebut Allah telah memberikan kemenangan terhadap para nabi terdahulu, Dalam hal ini bisa dibuktikan dalam sejarah, seperti halnya, kemenangan nabi ibrahim terhadap raja namrudz, kemenangan nabi musa dalam menghadapi angkara murka raja firaun, kemenangan nabi muhammad terhadap kaumnya yang ingkar, kemenangan nabi yunus AS, dan lain-lain. Lebih lanjut Ny Suhariyani mengatakan, Bagi kita yang terpenting dalam memperingati tgl 10 Muharram kita mengambil pelajaran sejarah, serta nilai nilai pada masa silam. Dengan demikian menjadikan 10 Muharram sebagai hari peningkatan beribadah kepada Allah swt. Seperti halnya melaksanakan puasa Asy-syura sebagaimana dijelaskan Nabi Muhammad saw. dalam hadistnya mengatakan, bahwa puasa pada hari Asyura itu bisa menghapuskan dosa pada setahun yang lampau, selain puasa sunah kita semua juga dianjurkan agar menyantuni anak yatim, kaum fakir miskin, orang orang yang terlantar yang membutuhkan bantuan, karena tanggal  10 Muharram mempunyai keistimewaan, yakni akan dilapangkan pada tahun berikutnya.

Dalam mengakhiri sambutannya Ny. Suhariyani menyampaikan Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Dan semoga  ditahun mendatang akan lebih meningkat. Kita berharap semoga anak-anakku menjadi anak sholih sholihah, berguna bagi   nusa dan bangsa serta sealu berpegang teguh pada tali agama allah swt. dan berbakti pada ibu dan selalu mendoakan kedua orang tua, pada ibu yang ikhlas merawat dan ayah yang sudah dipanggil allah swt. . serta kepada semua yang hadir, semoga diberi kelapangan dalam beribadah dan mencari nafkah sehingga dapat menghantarkan anak anak kita sampai menjadi anak yang berguna bagi agama nusa dan bangsa, Amiiin, Pungkasnya!

Pada sesi terakhir, dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada para anak yatim dan ditutup dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Ny.siti rokhani khoiri. (Azz)