CALL CENTER HAJI 500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal Kementerian Agama Kantor Kabupaten Lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur

KANKEMENAG KAB. LUMAJANG SELENGGARAKAN BEDAH ANALIS KOMPETENSI USBN PAI

pada hari WIB

Lumajang Jatim, Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kementerian Agama Kab. Lumajang menyelenggarakan kegiatan Bedah Analisis Kompetensi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Lumajang pada hari Rabu 8/2/2017  bertempat di SD Klanting 01 Kec. Sukodono, diikuti 47 peserta,  terdiri dari ketua KKG PAI SD Kabupaten, ketua  KKG PAI SD kecamatan, pengurus MGMP PAI SMP, SMA, dan SMK, PPAI TK/RA,SD/MI Kecamatan, PPAISMP/MTs,SMA/SMK/MA, pengurus Pokjawas

Kepala Seksi PAIS Ahmad Zaini dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan  kegiatan ini adalah memberikan informasi atas kebijakan pemerintah terkait dengan adanya  USBN PAI dan upaya peningkatan kualitas guru pendidikan agama (GPAI) pada sekolah, serta mengembangkan keilmuan dan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi para guru PAI (khususnya metode dan strategi pembelajaran).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kemenag Kab. Lumajang Muhammad,dalam sambutannya meyampaikan bahwa sebagai guru PAI mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak yang berakhlakul  karimah, karena moral anak pada zaman sekarng ini perlu menjadikan perhatian terkait dengan adanya narkoba penodaan agama, milo narkoba atau narkoba oplosan. guru PAI agar mampu mengantarkan anak didik  kita menjadi anak yang beriman,  memiliki pengetahuan agama, akhlak yang mulia serta ta’at beribadah. Lebih lanjut Kepala kemenag Lumajang mengatakan  terkait dengan peningkatan kinerja dalam bertugas tanamkan revolusi mental yakni integritas, etos kerja dan gotong royong. integritas tidak pernah lepas dari kepribadian dan perilaku seseorang yang berhubungan dengan sifat yang dipercaya, komitmen, tanggung jawab, kejujuran, kebenaran, dan kesetiaan terhadap tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Integritas tentu mempunyai nilai. Nilai integritas sangat penting untuk diterapkan dalam sebuah instansi pemerintah,lembaga untuk mencapai tujuan lembaga. Selajutnya tenang etos kerja Sebagai guru perlu memiliki etos kerja dan konsep diri yang mantap sehingga dapat dijadikan sebagai kontrol pribadi dan kontrol kelompok dalam  menjalankan tugas-tugas sebagai langka kita untuk maju kedepan.Terakhir, gotong royong dapat memberikan kita pemahaman bahwa melakukan kegiatan secara bersama-sama merupakan langkah yang tepat untuk menghasilkan hasil yang cepat, efektif dan efisien. Untuk mencetak anak didik yang berkarakter  baik dan berakhakulkarimah agar ditanamkan keteladanan kepada anak didik dengan bercermin kepada Rosulullah dan tidak hanya menyampaikan teori saja tapi kebiasaan melakukan ibadah supaya diterapkan. semua elemen harus kerjasama, membangun komunikasi, saling mendukung dan punya peran yang sangat menentukan.

Dalam mengahiri sambutannya Kepala Kemenag berharap  dengan diselenggarakanya kegiatan  bedah analisis USBN PAI agar nantinya dalam  pelaksanaan  USBN berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan aturan  yang ada, serta  mewujudkan pelaksanaan USBN PAI dengan sukes. Pungkasnya!

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari nara sumber. Adapun sebgai nara sumber dalam kegiatan ini terdiri atas pejabat di lingkungan Kator Kemeag Kab. Lumajang antara lan : Muhammad S.Sos.M.Pd.I (kepala Kankemenag Kab. Lumjang),Amad zaini,S.Ag.M.Pd (Kasi pais Kankemenag Kab.Lumajng), Abi bakrin,S.Ag.M.Pd (pelaksana seksi Pais). (AZ/IJ).