CALL CENTER HAJI 500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal Kementerian Agama Kantor Kabupaten Lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur

BUPATI BUKA PENTAS PAI SE KABUPATEN LUMAJANG

pada hari WIB

Lumajang Jatim, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI)   menyelenggarakan  Kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) se-Kab. Lumajang yang dipusatkan di SMK Negeri Pasirian pada Rabu tanggal 26 April 2017 dengan tema “ Kretif, inovatif dan sportif ”

Selaku Ketua Panitia Penyelenggara Hasyim dalam laporannya mengatakan bahwa pentas PAI sebagai wahana kompetisi siswa di bidang ketrampilan dan seni, beliau juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan pentas PAI ini adalah : Meningkatkan keimanan,ketaqwaan kepada Allah SWT,  berakhlaq mulia, meningkatkan pemahaman dan penghayatan peserta didik terhadap ajaran islam sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah mempelajari dan mencintai pendidikan agama isalm, membuat tolak ukur keberhasilan pembinan pendidikan  agama islam pada sekolah yang meliputi pengetahuan, pemahman, penghayatan dan pengamalan ajaran islam, menumbuh kembangkan minat,bakat, dan kreaitvitas dibidang keterampilan dan seni PAI, menanamkan sikap keberanian, kemandirian dan sportifitas di kalangan siswa. Adapun kegiatan pentas PAI di tingkat Kab. Lumajang yang dilaksanakan mulai hari ini diikti oleh siwa SD, SMP. SMA dan SMK dari 21 Kecamatan di Kab. Lumajang. Ada bebrapa  jenis lomba yang dipertandingkan dalam kegiatan pentas PAI ini terdiri dari : untuk tingkat SD cabang yang dilombakan : musabaqoh tilawatil qur’an (MTQ), Musabaqoh Hifzhul qur”an (MHQ) surat-surat pendek, pidato /ceramah PAI, cerdas cermat PAI. Untuk tingkat SMP cabang yang dilombakan : cerdas cermat PAI, pidato/ ceramah PAI, Mushabaqoh tilawatil qur’an (MTQ), Seni kaligrafi. Sedangkan Untuk tingkat SMA dan SMK terdiri dari : Seni nasyid, MTQ, Pidato/ ceramah PAI, debat PAI kreasi busana muslimah, cerita remaja islami (ceris)

Bupati Lumajag   Drs. H.As'at Malik,MA  dalam sambutannya memberikan aprisiasi yang se tinggi - tingginya kepada panitia penyelenggara atas terselenggaranya kegiatan pentas PAI ini karena kegiatan Pentas PAI sangat tepat sekali guna memberikan sarana atualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman,penghayatan dan pegamalan nilai nilai ajaran islam, selain itu kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk mewujudkan skrenario pembelajaran yang menumbukan keterampilan yang bermanfaat bagi peserta didik. Lebih lanjut Bupati Lumajang menegaskan bahwa sebagai  guru agama harus bangga dan jangan berkecil hati karena  pendidikan agama sangat penting di sekolah untuk membentengi  dari perilaku anak didik . Guru PAI harus menjadi garda terdepan dari problematika anak-anak kita, harus bisa menyelamatan mental anak didik, dengan menanamkan karakter yang baik. Mudah mudahan dengan diselenggaakan kegiatan pentas seni PAI ini dapat menjadi sarana untuk menjaga  nilai-nilai Islam dalam keterampilan seni dan terus memajukan peradaban Islama khususnyadi Kab. Lumajang

Selanjutnya sebelum mengakhiri sambutannya Bupati mengajak kepada semua yang hadir, mari kita wujudkan semangat Kretif, inovatif dan sportif ”guna membangun Kabupaten Lumajang tercinta ini dengan beragam potensi yang kita miliki, diantaranya dengan keterampilan dan seni, untuk membangun Islam Rahmatan lil alamin dan Kabupaten Lumajang yang damai ,sejahtera dan selalu diridhai Allah SWT. pungkasnya (AZ/IW)