CALL CENTER HAJI 500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal Kementerian Agama Kantor Kabupaten Lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur

pada hari WIB

Lumajang Jatim, Dinas  kesehatan menggelar sosialisasi haji sehat menuju istitha’ah kesehatan jamaah haji pada Kamis 6/4/2017 bertempat di gedung sujono jalan alun-alun selatan Kab. Lumajang dihadiri oleh perwakilan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementrian Kesehatan Haji RI, Ketua Komite Ahli Kesehatan Haji Nasional, Ka-Dinkes Provinsi Jawa Timur, Kepala Kemenag Lumajang, Ka-dinkes Lumajang SKPD terkait serta dari para Calon Jemaah haji yang berangkat tahun 2017.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, Dr. Triworo Setyowati bahwa Sosialisasi Haji Sehat ini merupakan upaya Pemerintah dalam mempersiapkan jemaah haji sekaligus melaksanakan implementasi istitha’ah kesehatan jemaah haji sehingga jemaah haji tetap sehat dan dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun dan wajib haji sehingga jemaah menjadi haji yang mabrur

Bupati Lumajang Drs. As at Malik dalam membuka acara  tersebut mengimbau kepada para jemaah Haji yang akan berangkat di tahun 2017 ini untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugarannya dengan mengikuti petunjuk dari Tim Kader Kesehatan dari Dinas Kesehatan Lumajang, terkait kesehatan fisik maupun mentalnya selama proses Haji berlangsung, terutama pola makan, cek kesehatan,  serta olah raga yang teratur, terutama yang usia lanjut, Kesehatan dan kebugaran menjelang keberangkatan dan pemulangan Haji, harus diperhatikan,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lumajang H. Muhammad dalam arahnnya menyampaikan bahwa yang perlu dipenuhi dalam persiapan pemberangkatan ibadah haji ada 3 rangkaian, yang ke 1 finansial karena dalam melaksanakan ibadah butuh uang untuk biaya pelaksanaan haji , yang ke 2 ilmu untuk melakukan rukun haji dan yang ke 3 sehat. Agar calon jamaah haji selalu sehat supaya menjaga kesehatan,untuk itu  supaya menjaga pola makan dan rajin berolah raga, Selain itu yang perlu disiapkan dalam melaksanakan ibadah haji  adalah niat dengan hati yang ikhlas dan sabar dalam melaksanakan ibadah hajinya, mempersiapkan diri dengan meningkatkan  ibadahnya, banyak berdzikir dan berdo’a kepada Allah agar diberi kemudahan dalam  melaksanakan ibadah hajinya dan kembali menjadi haji yang mabrur karena barang siapa yang melakukan ibadah haji dengan mabrur hadiah dari Alloh adalah surga! Uangkapnya. (AZZ/IJ)